Latar Belakang: Setiap orang tua mengiinginkan anaknya berprestasi. Akan tetapi masih banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa pola asuh dapat mempengaruhi prestasi anak, karena pola asuh yang diterapkan sering disalah artikan oleh anak. Oleh karena itu, dalam membangun kecerdasan anak diperlukan kerjasama yang baik antara orang tua dan anak. Peran orang tua adalah memberikan stimulasi agar anak dapat bertumbuh kembang dengan baik terutama dalam kecerdasan, karena tanpa ada bantuan dari orang tua kecerdasan anak tidak dapat berkembang dengan maksimal. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara pola asuh rang tua dengan prestasi belajar pada anak kelas V di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan metode cross-sectional yang dilakukan pada 62 subjek. Penelitian ini dilakukan di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta dengan mengambil data primer yaitu dengan pengisian lembar kuesioner pola asuh dan pengambilan nilai UAS semester genap yang kemudian dianalisis menggunakan chie Square. Tetapi karena tidak memenuhi persyaratan yang tidak terpenuhi sehingga menggunakan Fisher Exact. Hasil: Berdasarkan uji analiss hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar pada anak kelas V menggunakan Fisher Exact didapatkan nilai signifikansi p > 0,005 yaitu didapatkan p=0,905. Simpulan: Pola asuh orang tua memiliki hubungan yang tidak signifikan denga prestasi belajar pada anak kelas V di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Kata Kunci: pola asuh orang tua, prestasi belajar. . 1Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia. 2 Dosen Departemen Anak Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia. 3 Dosen Departemen Anak Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia