Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara advertorial dan iklan majalah dalam merubah sudut pandang pembaca, sehingga terwujudnya citra merek yang mampu menciptakan praktek pemasaran word of mouth (WOM). Dengan menggunakan metode regresi linier berganda, penulis menempatkan advertorial (X1) dan iklan (X2) sebagai variabel bebas yang berpengaruh pada citra merek. Pada regresi linier kedua, citra merek (Y1) sebagai variabel intervening berpengaruh pada WOM (Y2) sebagai variabel tetap. Untuk sampel, penulis meminta partisipasi dari 200 mahasiswa di regional Yogyakarta yang pernah membaca majalah, khususnya majalah Tempo. Dari hasil yang diperoleh, membuktikan bahwa advtertorial dan iklan berpengaruh positif signififkan terhadap citra merek. Namun hasil pengujian koefisien determinasi parsial (r2) terbesar ditunjukkan oleh variabel advertorial sebesar 0,269 atau 26,9 persen. Dengan demikian, variabel advertorial mempunyai pengaruh yang paling besar terhadap citra merek. Citra merek pun berpengaruh positif signififkan terhadap WOM. Artinya, semakin tinggi citra merek, maka juga akan meningkatkan praktek WOM. Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Advertorial, Iklan, WOM dan Citra Merek.