Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan kecemasan akademik dalam menghadapi mata kuliah Studio Perancangan Arsitektur pada mahasiswa jurusan Arsitektur. Hipotesis penelitian menyatakan bahwa ada hubungan negatif antara efikasi diri dan kecemasan akademik pada mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Jurusan Arsitektur Universitas Islam Indonesia. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket atau skala, yakni skala efikasi diri yang diadaptasi dari skala MSLQ (Motivated Strategies for Learning Questionnaire) dari Pintrich, Smith, and McKeachie (1991) dan skala kecemasan akademik diadaptasi dari skala yang disusun oleh Ishtifa (2011). Metode analisis data menunggunakan korelasi product moment spearmen. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dengan kecemasan akademik dengan nilai r= -0.260, p= 0.002 (p < 0.01). Kata kunci: efikasi diri, kecemasan akademik, mahasiswa arsitektur