Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran di SMP Bani Tamim yang bertujuan agar siswa dapat memiliki pengetahuan tentang Agama Islam. Nilai yang diperoleh siswa mencerminkan prestasi belajar. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa adalah motivasi belajar. Adanya motivasi belajar, akan melahirkan kekuatan atau dorongan yang kuat pada diri siswa untuk lebih meningkatkan dan mempertahankan prestasi belajarnya. Berdasarkan komentar guru Pendidikan Agama Islam, motivasi belajar siswa masih kurang optimal, dilihat dari kemauan siswa yang masih kurang dalam mengikuti proses belajar mengajar di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP Bani Tamim Tahun Ajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Bani Tamim tahun 2014/2015. Populasi sebanyak 35 siswa, Sampel penelitian diambil dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket penelitian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara motivasi belajar siswa dengan prestasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII SMP Bani Tamim tahun ajaran 2014/2015. Ditunjukkan dari hasil analisis regresi sederhana didapatkan F hitung> F tabel (32,720>4,13), dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (p<0,05), dengan besarnya pengaruh sebesar48,3%.