ABSTRACT The procurement of goods or services in the government is one of the main causes of corruption in Indonesia. The manually process which takes a lot of time and cost makes it has many loopholes to commit fraud. Therefore, implementation of information systems suchs as e-procurement is being pursued by the government. The implementation aims to make the procurement process becomes more effective and efficient so that the government’s performance and service to the citizens also increased. This study is purposed to analyze the relationship between user satisfaction on the effectiveness of the government e-procurement website named Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) from its users’ perspective. The analytical method used is an alternative method of Structural Equation Modeling (SEM), namely Partial Least Square (PLS) using SmartPLS 2.0. The research whivh conducted on 72 respondents shows that Systems Quality, Information Quality, and Service Quality, have a significantly positive relationship to the User Satisfaction. In addition, User Satisfaction also has a significantly positive relationship to the Information System Effectiveness. These results prove that the four hypothesis proposed in this study can be accepted. Keywords: SPSE, SEM, PLS, User Satisfaction, Information System Effectiveness. ABSTRAK Kegiatan pengadaan barang/jasa merupakan salah satu faktor penyebab utama korupsi di Indonesia. Proses manual yang memakan banyak waktu dan biaya menyebabkan kegiatan ini memiliki banyak celah untuk melakukan kecurangan. Oleh karena itu, implementasi sistem informasi seperti pengadaan secara elektronik sedang diupayakan oleh pemerintah. Implementasi tersebut bertujuan untuk membuat kegiatan pengadaan barang/jasa menjadi lebih efektif dan efisien sehingga, kinerja dan pelayanan pemerintah kepada masyarakat pun meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kepuasan pengguna terhadap efektivitas website e-procurement milik pemerintah yang bernama Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) dari perspektif penggunanya. Metode analisis yang digunakan adalah metode alternatif Structural Equation Modeling (SEM), yaitu Partial Least Square (PLS) menggunakan software SmartPLS 2.0. Penelitian yang dilakukan terhadap 72 responden menunjukkan bahwa Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Pelayanan memiliki hubungan yang positif signifikan terhadap Kepuasan Pengguna. Selain itu, Kepuasan Pengguna juga memiliki hubungan positif signifikan terhadap Efektivitas Sistem Informasi. Hasil ini membuktikan keempat hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: SPSE, SEM, PLS, Kepuasan Pengguna, Efektivitas Sistem Informasi.