Saat ini persaingan didunia bisnis sangat ketat sehingga setiap perusahaan perlu memiliki strategi yang jitu dalam menjalankan kegiatannya. Begitu juga pada lembaga perbankan di Indonesia. Masing-masing dari mereka perlu memiliki keunggulan kompetitifyang tentunya tidak dimiliki oleh para pesaingnya. Pada skripsi ini, penulis ingin menguraikan tentang strategi bersaing dari PT. BNI (Persero) Tbk cabang Purwokerto. Yang ingin di ungkapkan dari skripsiini adalah, bagaimana posisi bisnis perusahaan saat ini diantara para pesaingnya.Selain itu penulis juga ingin menjelaskan tentang strategi apa yang paling tepat untuk dilakukan oleh perusahaan dalam menghadapi persaingan di masa yang akan datang. Untuk menguraikan dan memecahkan permasalahan tersebut, dalam penelitian ini digunakan metode analisis Matrik Daya tank Industri atau sering disingkat MDTI. Dalam analisis MDTI ini yang pertama-tama dilakukan yaitu menentukan indikator variabel-variabel yang berpengaruh bagi perusahaan. Variabel tersebut terdiri dari variabel ekstemal dan internal. Setelah itu dilakukan pendekatan kuantitatif dengan pemberian bobot dan nilai pada masing-masing indikator pada variabel ekstemal dan internal oleh pihak perusahaan. Untuk pemberian bobot, jumlah total keseluruhan baik pada variabel ekstemal maupun internal yaitu 1 atau 100%. Kemudian dalam pemberian nilai, digunakan kriteria tertentu yaitu menggunakan skala 4. Setelah semua indikator telah diberi bobot dan nilai, maka langkah selanjutnya yaitu mengalikan keduanya sehingga akan diperoleh hasil yang disebut nilai tertimbang. Setelah hasil nilai tertimbang dari variabel ekstemal dan internal diperoleh, maka langkah selanjutnya yaitu memasukkan nilai tersebut kedalam Matrik Daya Tank Industri. Dari sini akan diketahui bahwa posisi bisnis perusahaan saat ini berada pada posisi medium dari kedua sumbunya, sehinggaperusahaan berada pada sel selektif. Sehingga dapat diketahui langkah apa yang seharusnya dilakukan oleh pihak perusahaan, yaitu dengan melihat rekomendasi dari implikasi strategis yang ada pada MDTI. Implikasi strategis yang ada padasel selektifMatrik Daya Tarik Industri yaitu bahwa perusahaan tumbuh mengikuti segmen pasar yang ada, selain itu perusahaan juga perlu melakukan investasi secara selektif.