ABSTRAK Banjir rob yang terjadi dapat merendam jalan dan mengakibatkan terjadinya kerusakan pada struktur perkerasan. Lama waktu genangan banjir rob menjadi ukuran penting sebagai kontribusi akan ketahanan dan keawet konstruksi jalan karena air laut yang memiliki kandungan garam dan keasaman yang tinggi dapat mengurangi lekatan antara agregat dan bahan ikatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja campuran Split Mastic Asphalt (SMA) 0/11 dengan menggunakan filler pengganti serbuk batu bata dengan simulasi variasi rendaman air laur 48 jam dan 96 jam. Tahapan penelitian dimulai dari pemeriksaan sifat fisik material, menentukan nilai kadar aspal optimum, benda uji direndam dengan air laut, melakukan uji Marshall, Immersion, Indirect Tensile Strength, Cantabro, dan Permeabilitas. Standar pemeriksaan sifat fisik material dan standar pengujian campuran mengacu pada Bina Marga 2010. Hasil dengan penambahan filler pengganti serbuk batu bata menyebabkan peningkatan nilai stabilitas dan MQ, kemudian terjadi penurunan pada kadar filler 75% dan 100%. Sedangkan tarjadi penurunan pada nilai flow namun pada kadar filler 75% dan 100% mengalami peningkatan. Pada simulasi perendaman air laut, nilai stabilitas, flow dan MQ mengalami penurunan. Penurunan stabilitas terbesar terjadi pada kadar filler 50% sebesar 12,54% rendaman 48 jam dan sebesar 22,51% rendaman 96 jam. Penurunan flow terbesar terjadi pada kadar filler 100% sebesar 6,03% rendaman 48 jam dan sebesar 10,64% rendaman 96 jam. Penurunan MQ terbesar terjadi pada kadar filler 50% sebesar 8,29% rendaman 48 jam dan sebesar 15,88% rendaman 96 jam. Nilai VITM dan VMA meningkat, namun nilai VFWA dan Density menurun dengan puncak optimum pada kadar filler 50%. Nilai IRS meningkat hingga mencapai kondisi optimum pada kadar filler 50%, kemudian menurun pada kadar filler SBB 75% dan 100%. Pada variasi perendaman air laut menurunkan nilai IRS namun masih memenuhi spesifikasi Bina Marga dengan syarat >75%. Sama hal nya dengan nilai ITS yang meningkat pada kadar filler 50%, kemudian menurun seiring bertambahnya kadar filler. Pada variasi perendaman air laut menurunkan nilai ITS terbesar pada kadar filler SBB 75% sebesar 12,38% rendaman 48 jam dan pada kadar filler SBB 0% rendaman 96 jam sebesar 24.87%. Nilai Cantabro Loss pada campuran SMA 0/11 dengan filler serbuk batu bata pada variasi rendaman air laut mengalami kehilangan berat yang meningkat. Pada kadar filler 75% dan 100% memiliki kehilangan berat yang melebihi spesifikasi Bina Marga yaitu maksimal 20%. Permeabilitas dengan menggunakan filler serbuk batu bata menunjukan indikator drainase jelek/kedap air. Dari penelitian yang sudah dilakukan, maka direkomendasikan kadar filler serbuk batu bata 50% sebagai kadar yang optimal pada campuran SMA 0/11 dengan perendaman air laut. Kata kunci: Split Mastic Asphalt, Serbuk Batu Bata, Air Laut. ABSTRACT Rob floods cause damage of the road structure, so that the necessary mix of pavement that is suitable for coastal areas. Therefore, a research was conducted on the performance of Split Mastic Asphalt (SMA) 0/11 by using a substitute for brick powder filler on a simulation of 48 hours and 96 hours of water immersion. The research phase began from examining the physical characteristic of the material, determining the value of the optimum bitumen content, immersing the test material into the sea water, Marshall test, Immersion, Indirect Tensile Strength, Cantabro, and Permeability. The inspection standard to examine the physical properties and mixed testing standards refers to Bina Marga 2010. The results with the addition of filler substitute for brick powder caused an increase in stability and MQ values, then a decreased in filler levels of 75% and 100%. While there is a decrease in the value of the flow, but the filler level is 75% and 100% has increased. In the simulation of sea water immersion, the value of stability, flow and MQ are decreased. The greatest stability value decreased at 50% filler content of 12.54% in 48 hour immersion and 22.51% in 96 hour immersion. The biggest decrease in flow value occurred at 100% filler content of 6.03% in 48 hour immersion and 10.64% in 96 hour immersion. The biggest decrease in MQ value occurred at 50% filler level of 8.29% in 48 hour immersion and 15.88% in 96 hour immersion. The VITM and VMA values ??increased, but the VFWA and Density values ??decreased with the optimum peak at 50% filler content. IRS values increased to reach optimum conditions at 50% filler levels, then decreased to 75% and 100% SBB filler levels. In the variation of sea water immersion, it decreased the IRS value but still fulfilled the specifications of Bina Marga with the provision of > 75%. Similarly, the value of ITS increased at 50% filler content, then decreased with increasing filler levels. In the variation of seawater immersion, the biggest decrease in ITS value occurred at 75% SBB filler levels of 12.38% in 48 hour immersion and at 0% SBB filler levels of 24.87% in 96 hours immersion. In Cantabro test, there was an increased in weight loss. On 75% and 100% filler levels, had weight loss that exceeds the specifications of Bina Marga which is a maximum of 20%. Permeability using brick powder fillers showed poor drainage indicators. The recommended of the research that the level of 50% brick powder filler is the optimal level in the SMA 0/11 mix with sea water immersion. Keywords: Split Mastic Asphalt, Brick Powder, Sea Water. 2 2 xix xviii