Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Hidrolisis Garam di Kelas XI SMAN 1 Pakem Tahun Ajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan pembelajaran konvensional terhadap aktivitas belajar peserta didik pada materi hidrolisis garam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Pakem tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 5 kelas. Sampel penelitian menggunakan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data melalui teknik non tes dalam bentuk angket dan observasi. Teknik analisis data pada variabel aktivitas belajar menggunakan Statistika Parametrik uji Independent Sample T-Test untuk data observasi dan Statistika Non Parametrik uji Mann-Whitney untuk data angket. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model Learning Cycle 5E dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional terhadap aktivitas belajar.
Collections
- Chemistry Education [324]