Optimalisasi Penjualan Produk Menggunakan Sistem Pakar Fuzzy Database (Studi kasus Pada PT. Mugi Triman Interkontinental)
Abstract
Permasalahan yang timbul di dunia ini sering kali mengandung
ketidakpastian, dan logika fuzzy merupakan salah satu metode untuk melakukan
analisa, sistem yang mengandung ketidakpastian. Banyak apltkasi logika fuzzy
dalam mengatasi permasalahan - permasalahan yang dialami oleh suatu
perusahaan dalam mengoptimalkan variabel - variabel yang ada dalam proses
pemasaran yang dilakukan perusahaan untuk menghasilkan laba yang optimal.
Salah satu aplikasi dan desain dari logika fuzzy adalah Fuzzy Database System
yang merupakan salah satu metode yang dapat dikembangkan dari logika fuzzy
sebagai Decision Support System atau sistem pendukung keputusan yang
dirancang untuk meningkatkan efektifitas dalam pengambilan keputusan dan
optimalisasi dalam keputusan yang diambil. PT. Mugi Triman Interkontinental
merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri pengolahan
kayu. Hasil produksi perusahaan ini merupakan produk kayu olahan yang terdiri
dari beberapa spesifikasi dan dipasarkan ke berbagai daerah tujuan yang sebagian
besar di Asia Timur. Untuk mengoptimalkan laba yang didapat, maka diperlukan
suatu sistem yang dapat memberi suatu rekomendasi dalam menentukan prioritas
daerah tujuan pemasaran beserta produk yang dipasarkan. Sistem akan
menjalankan query yang akan memberikan nilai rekomendasi. Pada penelitian ini,
dianalisa 4 query, yaitu Query 1 (FOB Tinggi and Freight Rendah), Query 2
(Permintaan Rendah and Freight Tinggi), Query 3 (FOB Tinggi and Permintaan
Tinggi and Freight Tinggi), dan Query 4 (CIF Tinggi and FOB Tinggi and
Freight Rendah andTingkat Harga Tinggi and Insurance Rendah and Permintaan
Tinggi) yang tujuannya mengoptimalkan Free On Board dan meminimalkan
biaya. Dan query - query yang lain dapat dilakukan oleh perusahaan sesuai
kebutuhan.
Collections
- Industrial Engineering [2224]