KOMUNIKASI PARTISIPATIF KELOMPOK SADAR WISATA DALAM MENGEMBANGKAN PARIWISATA KABUPATEN MAGELANG ( Studi Kasus Desa Wisata Wanurejo dan Desa Wisata Karanganyar)
Abstract
Pemerintah daerah Magelang mengembangkan dua puluh desa wisata kabupaten Magelang pada tahun 2009 antara lain desa wisata Wanurejo dan desa wisata Karanganyar salah satu cara untuk mengembangkan desa wisata tersebut adalah membentuk kelompok sadar wisata.
Rumusan masalah yang diangkat peneliti adalah bagaimana komunikasi partisipatif kelompok sadar wisata dalam mengembangkan pariwisata di desa wisata wanurejo dan desa wisata karanganyar ? Tujuan dari peneliti untuk melihat bagaimana komunikasi paritisipatif kelompok sadar wisata dalam mengembangkan pariwisata di desa wisata Karanganyar dan desa wisata Wanurejo dan sejauh mana tingkat komunikasi partisipatif untuk mengembangkan desa wisata Karanganyar dan desa wisata Wanurejo. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan gambaran mengenai komunikasi partisipatif yang dilakukan oleh kelompok sadar wisata dalam pengembangan pariwisata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunkan paradigma fenomenologi dimana metode ini dipilih karena peneliti ingin mengetahui cara pandang, perilaku dan tindakan kelompok sadar wisata desa Wanurejo dan kelompok sadar wisata desa Karanganyar dalam mengembangkan desa wisata Wanurejo dan desa wisata Karanganyar.
Hasil penelitian yang dilakukan peneliti adalah kelompok sadar wisata sangat efektif dalam mengembangkan desa wisata dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pariwasata baik didesa wisata Wanurejo dan desa wisata Karanganyar. Adapun konsep komunikasi partisipatif kelompok sadar wisata desa Wanurejo dan Desa wisata Karanganyar adalah heteroglasia, dialogis , poliponi dan karnaval.
Collections
- Communication [975]