Anaiisis Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Pelayanan di Rumah Makan Kangen Desa, Jalan Raya Pakem Turi Pakem Yogyakarta
Abstract
Dengan kondisi yang kompetitif seperti saat ini menuntut para pengusaha
dan pelakubisnis untuk lebih biiaksana dalam mengelola dan mengoptimalkan
semua potensi yang ada. Setiap perusahaan membutuhkan perencanaan yang bersifat
strategis maupun teknis. Rumah makan Kangen Desa ini juga memerlukan berbagai
strategi dalam pemasarannya untuk meraih dan mempertahankan konsumennya.
Salah satu strateginya adalah dengan memberikan kepuasan pada konsumen
sehmgga perusahaan dapat menciptakan konsumen yang melakukan pembelian ulang
kemudian menjadikannya konsumen yang loyal terhadap Rumah Makan Kangen
Desa. Oleh karena itu maka penulis tertarik untuk membuat penelitian untuk skripsi
dengan judul "Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Pelayanan di Rumah
Makan Kangen Desa,\
Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen Rumah Makan Kangen Desa
perlu diketahui tingkat kepentingan dan tmgkat kinerja masing-masing faktor yang
meliputi lima dimensi yaitu tangibles, reliability, assurance, responsiveness,
emphaiy dengan menggunakan teknik importance-perjormance analysis.
Setelah dilakukan penganalisaan data maka akan diketahui hasil dari tingkat
kesesuaian antara kepentingan dan kmerja. Selanjutnya dilakukan penganalisaan
terhadap faktor-fiaktor yang mempengaruhi kepuasaan dengan menggunakan diagram
kartesius yang terbagi dalam empat kuadran dimana masing-masing kuadran
memiliki strategi pemasaran yang berbeda.
Dalam penelitian ini diketahui bahwa kepuasan konsumen di Rumah Makan
Kangen Desa secara keseluruhan menunjukan bahwa konsumen belum merasa puas.
Sehinaga perlu dilakukan peningkatan atau perbaikan kinerja pada tiap-tiap faktor
yang mempengaruhi kepuasan konsumen berdasarkan pada strategi pemasaran yang
terdapat dalam kuadran-kuadran dalam diagram kartesius.
Collections
- Management [4552]