Metode Pembelajaran Pada Pondok Modern Jawa (Monja) di Pondok Modern Jawa Hanacaraka Wonogiri
Abstract
Pondok pesantren adalah salah satu tempat untuk menuntut ilmu, khususnya
dalam ilmu agama, keberadaan pondok sudah ada sejak dulu bahkan sebelum negara
ini merdeka. Pondok pesantren dalam prakteknya dibagi menjadi beberapa macam,
yaitu; pondok pesantren salaf/tradisional, pondok pesantren kholaf/ modern, pondok
pesantren terpadu. Namun dari ketiga janis pondok pesantren tersebut mempunyai
tujuan yang sama yaitu mencerdaskan anak bangsa dari sisi agama dan umum.
Seperti dipondok pesantren modern hanacaraka, yang termasuk pondok pesantren
kholaf/modern yang mengembangkan perpaduan antara pendidikan agama dan
budaya jawa yang saat ini mulai ditinggalkan oleh masyarakat. Dari asumsi yang
ada peneliti mencoba menggali; bagaimana metode pembelajaran dan kurikulum
pondok pesantren.? Melihat bahwa metode dan kurikulum adalah salah satu kunci
keberhasilan dalam dunia pendidikan.
Peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dalam
penelitian ini. Metode pengumpulan data menggunakan metode; pengamatan,
wawancara dan dokumentasi dengan subjek penelitian meliputi; pengelola pondok
pesantren modern hanacarka wonogiri sebagai pelaksana pembelajaran bagi para
siswa di pondok tersebut. Uji validitas dan Kredibilitas menggunakan 3 metode;
memperpanjang waktu penelitian, observasi lebih tekun dan triangulasi.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan Metode pembelajaran dan kurikulum yang
diterapkan di pondok pesantren tersebut meliputi; metode yang digunakan,
kurikulum keagamaan dan kebudayaan. Lembaga pendidikan ini memiliki visi Kata
kunci; Metode, kurikulum, pondok pesantren.
Collections
- Islamic Education [882]