Pengaruh Attitude dan Perceived Risk untuk Mengoptimalkan Intention to Adopt berbasis Theory of Planned Behavior (TPB) pada Generasi ZPengaruh Attitude dan Perceived Risk untuk Mengoptimalkan Intention to Adopt berbasis Theory of Planned Behavior (TPB) pada Generasi Z
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui pengaruh attitude dan perceived
risk terhadap intention to adopt berbasis theory of planned behavior (TPB) pada
generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik
purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan teknik
pengumpulan melalui penyebaran kuesioner dan menggunakan 210 responden diuji
menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan software
AMOS 24 Graphics. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa perceived
usefulness, perceived trust, dan subjective norm memiliki pengaruh yang signifikan
positif terhadap attitude, selain itu attitude memiliki pengaruh yang signifikan
positif terhadap intention to adopt. Penemuan baru dalam penelitian ini
menunjukkan bahwa perceived risk memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan
terhadap attitude, dan perceived ease of use mempunyai pengaruh negatif tidak
signifikan terhadap attitude. Hasil penelitian ini menyoroti pentingnya memahami
persepsi resiko pelanggan sehubungan dengan penggunaan layanan. Perusahaan
sebaiknya mempertimbangkan unsur-unsur yang mempengaruhi sikap konsumen.
Hal ini dapat dicapai melalui strategi pemasaran yang efisien, peningkatan layanan
pelanggan, atau pengalaman pengguna yang optimal. Penelitian ini memiliki
pembaruan pada variabel yaitu adanya penambah variabel perceived risk untuk
mengukur resiko yang dirasakan pada konsumen.
Collections
- Akuntansi [4593]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Usaha Mikro Dalam Menggunakan E-Wallet
LAILA MAYA RISKA (Universitas Islam Indonesia, 2022-01-07)Dompet digital atau e-wallet merupakan salah satu implementasi dari perangkat lunak yang digunakan pengguna untuk menyimpan uang secara digital, melakukan pembayaran secara digital, dan melakukan berbagai jenis ... -
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan E-Wallet
FAIRUS SAIFUL JIHAD (Universitas Islam Indonesia, 2022-08-09)E-wallet merupakan implementasi perangkat lunak yang digunakan untuk menyimpan uang secara digital, melakukan pembayaran secara digital, dan jua melakukan berbagai transaksi tanpa menggunakan uang tunai. Perkembangan ... -
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGGUNAAN MOBILE BANKING (M-BANKING) DI MASA PANDEMI Covid-19
Novarianti, Erika (Universitas Islam Indonesia, 2023-03-30)This study aims to determine and analyze the effect of perceived ease of use, perceived usefulness, perceived trustworthiness, perceived usefulness and perceived credibility on the use of mobile banking (M-Banking) ...