Pengaruh Disrupsi Ekonomi Digital, Mata Kuliah Kewirausahaan, dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa
Abstract
Wirausaha adalah orang yang membuat, mengalokasikan sumber daya,
melakukan usaha untuk mengenali produk baru, merancang metode produksi,
memasarkannya, operasi, dan mengatur sumber daya keuangan operasional
(Firmansyah & Roosmawarni, 2019). Meningkatnya keinginan untuk berwirausaha di
kalangan generasi millenial dan anak muda, terutama mahasiswa, ditunjukkan oleh
banyaknya pengusaha muda yang muncul, yang membuat mereka semakin terdorong
untuk memulai bisnis mereka sendiri.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah disrupsi ekonomi
digital, mata kuliah kewirausahaan dan lingkungan berpengaruh terhadap minat
berwirausaha mahasiswa di Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam
Indonesia di Yogyakarta. Penelitian ini melibatkan 96 responden yang merupakan
mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika aktif dari tahun 2020 hingga 2022 dan
pernah mengampu mata kuliah kewirausahaan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan regresi linerar
berganda dengan data kuesioner sebagai sumber dan skala likert 4 poin untuk
pengukuran. Uji kualitas data digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data
dilakukan secara online melalui Google Form. Penelitian ini mengolah data
menggunakan IBM SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disrupsi ekonomi
digital, mata kuliah kewirausahaan dan lingkungan berpengaruh terhadap minat
berwirausaha mahasiswa.
Collections
- Economics [2209]