Art Journal untuk Meningkatkan Resiliensi pada Mahasiswa Magister Profesi Psikologi
Abstract
Mahasiswa magister profesi psikologi yang sedang menjalani Praktek Kerja Profesi Psikologi memiliki
tuntutan akademik yang banyak. Tekanan akademik yang tinggi memunculkan emosi negatif, stres,
kecemasan, ketakutan, harga diri dan efikasi diri yang rendah berpotensi menurunkan kemampuan
mahasiswa untuk bertahan menghadapi stresor. Dengan demikian berdampak terhadap resiliensi
mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan resiliensi pada mahasiswa magister profesi
psikologi di Yogyakarta melalui intervensi art journal. Partisipan penelitian adalah 30 mahasiswa
magister profesi psikologi di Yogyakarta yang dipilih berdasarkan skor skala resiliensi alpha 0,969 yang
dibagi secara acak dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Intervensi menggunakan
modul kombinasi menulis ekspresif dan art journal yang telah dimodifikasi. Metode penelitian yang
digunakan adalah quasi experimental dengan desain pretest and posttest control group design. Data
dianalisis dengan uji Mann Whitney-U Test (p < 0,05) menggunakan rata-rata nilai kedua kelompok
setelah diberikan intervensi (posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan terhadap tingkat resiliensi mahasiswa p < 0,001. Hal ini berarti bahwa intervensi art journal
efektif untuk meningkatkan resiliensi pada mahasiswa magister profesi psikologi di Yogyakarta.
Collections
- Master of Psychology [368]