Peran Attitude Towards Behavior dan Utilitarian Benefit pada Intention to Purchase Berbasis Theory Planned Behavior pada Generasi Y dan Z
Abstract
Parfum adalah salah satu industri yang mulai berkembang pesat di Indonesia.
Perkembangan parfum yang meningkat terutama pada brand milik desainer atau
parfum mewah yang mulai menjadi incaran konsumen. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh Attitude Toward Behavior, Perceived Behavior
Control, Utilitarian Benefit, dan Marketing Mix terhadap niat membeli. Theory
Planned Behavior adalah teori inti dari studi ini. Konsumen generasi Y dan Z
adalah populasi yang digunakan. Pengukuran prngumpulan data menggunakan
metode purposive sampling nonprobability. Survey dilakukan oleh 189 responden.
Hasil menunjukkan bahwa data dapat diandalkan untuk uji reliabilitas. Studi ini
bersifat kuantitatif dan diolah dengan aplikasi AMOS Graphic 24 dan IBM SPSS
27. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sikap berdampak positif dan signifikan
pada keinginan untuk membeli. Selain itu, hasil menunjukkan bahwa utilitarian
benefit berdampak positif dan signifikan pada sikap terhadap tindakan. Hipotesis
yang berbeda dari penelitian ini, yaitu bauran marketing, tidak memiliki dampak
yang signifikan terhadap keinginan untuk membeli. Singkatnya, sikap dan manfaat
utilitarian dapat memengaruhi keinginan konsumen untuk membeli parfum.
Collections
- Management [4657]