Perilaku Masyarakat dalam Berinfak dan Sedekah Melalui Digital Payment: Pendekatan Model Utaut-3 (Studi Kasus Gen Z di Yogyakarta)
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat memberikan dampak positif terhadap
peningkatan transaksi digital keuangan, termasuk perubahan perilaku masyarakat
dalam berinfak dan sedekah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi
dan menganalisis terkait faktor-faktor yang memengaruhi minat dan perilaku
masyarakat kalangan generasi Z untuk berinfak dan sedekah melalui pembayaran
secara digital. Konstruk teori model yang digunakan adalah UTAUT-3. Penelitian
ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan metode pengolahan data
menggunakan analisis Jamovi 2.3.28. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
variabel ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi yang
memfasilitasi dan motivasi hedonis tidak berpengaruh terhadap minat generasi Z
dalam menggunakan digital payment ketika berinfak dan bersedekah. Sedangkan
nilai harga, kebiasaan dan inovasi personal berpengaruh terhadap minat terhadap
minat generasi Z dalam menggunakan digital payment ketika berinfak dan sedekah.
Kemudian variabel kondisi yang memfasilitasi, kebiasaan dan minat tidak memiliki
pengaruh terhadap perilaku masyarakat dalam menggunakan platform digital
payment untuk berinfak dan sedekah, sedangkan inovasi personal memiliki
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku generasi Z dalam berinfak
dan sedekah dengan menggunakan platform pembayaran digital.
Collections
- Islamic Law [663]