Korelasi Antara Harga Diri, Konsep Diri, dan Prokrastinasi dalam Pembelajaran Kimia pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Panggul Tahun Ajaran 2023/2024
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi yang signifikan antara
harga diri, konsep diri dan prokrastinasi dalam pembelajaran kimia kelas XI SMA
Negeri 1 Panggul Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian
sebanyak 136 peserta didik yang terdiri dari kelas XI A1, XI A2, XI A3 dan XI A4.
Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling yang berupa non
tes dengan instrumen berupa angket. Analisis data pada penelitian ini menggunakan
uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan yaitu uji korelasi Product Moment,
Spearman dan Kendall W. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat korelasi yang
signifikan antara harga diri dan konsep diri dalam pembelajaran kimia pada peserta
didik kelas XI SMA Negeri 1 Panggul tahun ajaran 2023/2024, tidak terdapat korelasi
yang signifikan antara harga diri dan prokrastinasi dalam pembelajaran kimia pada
peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Panggul tahun ajaran 2023/2024, tidak terdapat
korelasi yang signifikan antara konsep diri dan prokrastinasi dalam pembelajaran
kimia pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Panggul tahun ajaran 2023/2024, serta
terdapat hubungan yang signifikan antara harga diri dan konsep diri secara simultan
dengan prokrastinasi dalam pembelajaran kimia pada peserta didik SMA Negeri 1
Panggul tahun ajaran 2023/2024.
Collections
- Chemistry Education [330]