Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Persepsi Risiko, Kepercayaan, dan Keamanan Terhadap Minat Penggunaan Layanan Fintech E-wallet Shopeepay pada Generasi Z di Kabupaten Sleman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel persepsi kemudahan
penggunaan, persepsi manfaat, persepsi risiko, kepercayaan dan keamanan terhadap minat
penggunaan layanan fintech e-wallet ShopeePay pada generasi Z di Kabupaten Sleman.
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik
purposive sampling, jumlah sampel yang digunakan adalah 100 generasi Z di Kabupaten
Sleman yang menggunakan layanan fintech e-wallet ShopeePay untuk bertransaksi. Dalam
penelitian ini data diolah/diuji dengan menggunakan program IBM SPSS statistic 23. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel persepsi kemudahan penggunaan dan
persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pengunaan layanan fintech
e-wallet ShopeePay pada generasi Z di Kabupaten Sleman, sedangkan variabel persepsi risiko,
kepercayaan dan keamanan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan layanan
fintech e-wallet ShopeePay pada generasi Z di Kabupaten Sleman.
Collections
- Management [4608]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
FAKTOR DETERMINAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK BUMI DAN BANGUNAN
Aninda Ristyorini, 14312047 (Universitas Islam Indonesia, 2018-06-08)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran wajib pajak, persepsi sanksi perpajakan, persepsi pendapatan wajib pajak, persepsi pemahaman dan pengetahuan tentang peraturan perpajakan, ... -
PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP MINAT BELANJA ONLINE DENGAN MEDIATOR SIKAP BELANJA MENGGUNAKAN THEORY ACCEPTANCE MODEL
Wahidatunnisa, Erina (Universitas Islam Indonesia, 2023-04-03)Pandemi Covid-19 telah mendorong aktivitas berbelanja online di Indonesia lebih aktif. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kontak fisik saat membeli produk dan mengurangi mobilitas kegiatan di luar. Penelitian ini bertujuan ... -
PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY PADA GENERASI MILLENIAL DI YOGYAKARTA
Juliawan, Anita Sarah (Universitas Islam Indonesia, 2023-04-03)Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Persepsi Sikap, Persepsi Norma Subjektif, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, dan Persepsi Kesesuaian terhadap minat penggunaan financial technology pada mahasiswa Fakultas ...