Strategi Komunikasi Pemasaran Salon Muslimah Amanie di Kota Bengkulu dalam mempertahankan Loyalitas Pelanggan
Abstract
Cantik merupakan suatu hal yang lekat dengan wanita dan diartikan sebagai sesuatu
yang indah sekaligus menarik. Saat ini industri kecantikan terutama di Indonesia tercatat
tengah mengalami kenaikan jumlah pendapat. Salah satu faktor yang mempengaruhi ialah
segmen perawatan diri dengan label muslimah. Umumnya sarana perawatan diri dengan
label muslimah akan menghasilkan produk sendiri untuk menjamin kehalalan dan
keamanannya.
Amanie Salon Muslimah merupakan salah satu segmen sarana perawatan diri dengan
label halal yang telah menerapkan strategi komunikasi pemasaran lewat gabungan bauran
pemasaran dan promosi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi komunikasi
pemasaran yang digunakan oleh Amanie Salon Muslimah Bengkulu dalam
mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara,
observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Amanie melakukan strategi pemasaran secara
online dan offline. Dengan analisis pemasaran dengan berfokus pada wanita usia 14-50
tahun dengan mendepankan konsep keislaman seperti larangan dan batasan bagi laki-laki
dan pengambilan foto. Pada aktivitas bauran pemasaran, Amanie menggunakan konsep 7p
yaitu product dengan menghasilkan produk halal dan aman, price menawarkan harga yang
terjangkau, place menciptakan nuansa nyaman, promotion promosi berbasis daring dan
luring, people penetapan kriteria khusus untuk karyawan, process memberikan pelayanan
terbaik dari kedatangan hingga meninggalkan tempat, physical evidence menyediakan
ruangan khusus VIP. Sedangkan dalam aktivitas promosi, Amanie menggunakan 6 alat
yaitu advertising pada facebook ads, online and social marketing pada Instagram dan
Whatsapp, personal selling dengan follow up, sales promotion dengan pemberian diskon,
public relation dengan pengadaan acara amal dan direct marketing lewat marketplace dan
aplikasi Amanie Mobile.
Collections
- Communication [972]