Pengaruh Viral Marketing dan Green Marketing melalui Media Sosial terhadap Minat Pembelian Sayuran Organik Dimediasi Oleh Gaya Hidup
Abstract
Sayuran sangat penting dikonsumsi untuk kesehatan masyarakat. Salah satunya sayuran
organik, manfaat dari sayuran organik yaitu kandungan antioksidan yang lebih tinggi dan
kaya akan berbagai zat nutrisi seperti vitamin C, zat besi, magnesium, fosfor serta mineral
lainnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis apakah terdapat
pengaruh viral marketing dan green marketing terhadap minat pembelian sayuran di
mediasi oleh gaya hidup. Subjek penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli
sayur organik. Obyek dalam penelitian ini yaitu mengenai pengaruh viral marketing dan
green marketing melalui media sosial terhadap minat pembelian sayuran organik
dimediasi oleh gaya hidup. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research
(penelitian penjelasan) dengan pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dan sampel dari penelitian ini adalah 100
responden yang membeli sayur organik. Teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner atau angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert. Tipe
penyebaran kuesioner pada penelitian ini yaitu menggunakan Google form atau google
formulir. Analisis data dilakukan Struktural Equation Modeling (SEM) Partial Least
Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Viral Marketing berpengaruh positif
dan signifikan terhadap Gaya Hidup. Green Marketing berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Gaya Hidup. Viral Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat
Pembelian. Green Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat
Pembelian. Gaya Hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Pembelian.
Viral Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Pembelian melalui
gaya hidup. Green Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat
Pembelian melalui Gaya Hidup.
Collections
- Industrial Engineering [2268]