Analisis Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Behavioural Intention to use E-wallet bagi Generasi Z Indonesia
Abstract
Pembayaran tanpa uang tunai melalui sistem digital pada era saat ini
dipandang sebagai alternatif pembayaran modern di beberapa Negara termasuk
Indonesia. Munculnya digitalisasi melalui internet telah mempercepat peralihan
globalisasi dan sistem pembayaran dari transaksi manual ke transaksi online. Itulah
mengapa di zaman sekarang ini niat perilaku dalam menggunakan e-wallet semakin
tinggi di kalangan gen z yang ada di hampir seluruh wilayah Indonesia. Gen z lahir
di era kemajuan teknologi, dimana perilaku mereka sangat bergantung dengan
teknologi internet.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh performance
expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, perceived
compatibility, dan trust tehadap behavioural intention to use e-wallet. Populasi
dalam penelitian ini adalah gen Z yang ada di seluruh wilayah Indonesia.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik convenience
sampling melalui metode kuesioner, dan didapatkan sebanyak 169 sampel yang
sesuai dengan kriteria. Dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 20 untuk
melakukan pengolahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa effort expectancy, facilitating
conditions, dan perceived compatibility berpengaruh secara positif terhadap
behavioural intention to use e-wallet. Sedangkan performance expectancy dan trust
tidak berpengaruh secara positif terhadap behavioural intention to use e-wallet. Dan
social influence tidak berpengaruh secara negative terhadap behavioural intention
to use e-wallet.
Collections
- Management [4608]