Pemasaran Digital Vila Palka Rents dan Penggunaan Vila Sebagai Ruang Kreatif Pelaku UMKM di Kota Bandung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kemampuan peningkatan insight media sosial,
penerapan digital advertising pada usaha, dan engagement dari penggunaan online travel
agent serta pemanfaatan influencer pada Palka Rents. Dalam implementasi penelitian
tugas akhir ini menggunakan strategi digital marketing, antara lain social media marketing,
digital advertising, influencer endorser, dan pemanfaatan online travel agent. Strategi social media
marketing yang dilakukan oleh Palka Rents terdiri dari tiga variabel, antara lain content
planning, content creation, dan content sharing melalui Instagram. Sedangkan pada digital
advertising, Palka Rents beriklan melalui Meta Ads yang terhubung dengan Facebook
dan Instagram. Palka Rents juga menerapkan endorsement influencer melalui platform
Tiktok. Palka Rents juga memasarkan vila melalui Airbnb dab Agoda. Terakhir,
menyediakan layanan outing berbayar untuk UMKM. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa dengan adanya aktivitas digital marketing, melalui social media marketing, digital
advertising, penggunaan endorsement influencer, pemanfaatan online travel agent, dan
penyediaan layanan outing berbayar bagi UMKM secara signifikan dapat
mempengaruhi insight yang berdampak pada peningkatan traffic dan engagement di media
sosial Instagram Palka Rents itu sendiri yang kemudian diikuti dengan peningkatan
pendapatan dari sewa vila Palka Rents.
Collections
- Economics [2193]