Perlindungan Hak Konsumen Atas Kehilangan Barang Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Penyelenggara Parkir/Penitipan Universitas Islam Indonesia)
Abstract
Perlindungan konsumen di perparkiran mencakup berbagai aspek untuk memastikan
bahwa pengguna dilindungi dari praktik yang merugikan. Penelitian ini bertujuan untuk
melindungi hak, keamanan, dan kesejahteraan pengguna yang menggunakan layanan
perparkiran. Ini termasuk berbagai protokol dan peraturan yang dibuat untuk
memastikan parkir yang aman, nyaman, dan adil. Penelitian ini adalah penelitian
lapangan, dan pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk mengidentifikasi,
mengklasifikasikan, dan menganalisis data tematik. Peneliti mengumpulkan informasi
dan mengatur pola tema yang relevan. Penelitian ini memberikan hasil bahwasannya
penyelenggara parkir masih bertentangan dengan hukum islam meskipun sudah
bertanggungjawab dalam suatu masalah kehilangan, namun masih di anggap
merugikan karena pengembalian barang yang tidak sesuai dengan harga barang aslinya.
Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa penyelenggara telah menerapkan
sistem perparkiran yang sudah modern dengan berbagai inovasinya, meskipun sudah
di lengkapi kamera cctv belum menutup kemungkinan kembalinya terjadi kehilangan
maka dari itu penyelenggara harus memastikan keamanan dan tanggungjawab nya
terhadap konsumen agar tidak ada pihak yang di rugikan.
Collections
- Islamic Law [663]