Penerapan Strategi Customer Relationship Management (CRM) dalam meningkatkan Loyalitas Nasabah Non-gadai PT Pegadaian Cabang Lempuyangan
Abstract
Kegiatan ekonomi di tiap negara berkaitan erat dengan masalah
keuangan. Pada sektor gadai dan kredit terjadi persaingan yang sangat
ketat saat ini, hal ini juga disadari oleh PT Pegadaian Cabang
Lempuyangan. Oleh karena itu fokus perusahaan harus ditingkatkan
dalam meningkatkan loyalitas nasabah serta menyampaikan nilai (value).
Tujuan penulisan ini ialah agar mengetahui peningkatan loyalitas nasabah
non-gadai PT Pegadaian Cabang Lempuyangan yang dihasilkan dari
penerapan strategi Customer Relationship Management (CRM). Metode
kualitatif dipilih sebagai metode yang dimanfaatkan pada penulisan ini.
Teknik pengumpulan data yang dilibatkan pada penulisan ini berupa
observasi dan wawancara terhadap pihak internal dan eksternal
perusahaan. Data-data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya dengan
teknik analisis konten akan dilakukan analisa. Sebagai hasil, Customer
Relationship Management ditemukan terbukti mempunyai dampak
signifikan dan nyata pada kesetiaan nasabah, terutama dalam memiliki
produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Customer Relationship
Management sangat penting untuk menjaga nilai tambah dan menjamin
keberlangsungan hidup perusahaan. Dalam penerapan Customer
Relationship Management guna meningkatkan loyalitas nasabah,
perusahaan perlu mempertimbangkan kebutuhan nasabah ketika membuat
penawaran produk khususnya produk non-gadai. Hal ini dapat dilakukan
dengan meningkatkan penggunaan platform sosial media untuk
penawaran serta meningkatkan fitur layanan yang ada pada aplikasi
Pegadaian Digital untuk layanan transaksi.
Collections
- Management [4602]