Evaluasi dan Pengembangan Website GMF Safety menggunakan Metode Participatory Design
Abstract
PT. GMF AeroAsia Tbk. merupakan salah satu perusahaan Maintenance Repair
Overhaul (MRO) terbesar di dunia. Untuk menuju Top 10 MRO in the world,
penerapan safety dalam proses maintenance menjadi concern utama. Sejak tahun 2008,
PT. GMF AeroAsia Tbk mulai menerapkan Safety Management System (SMS) sebagai
program pengelolaan safety perusahaan. Dalam Safety Management System ini terdapat
4 pilar utama yang menjadi fokus yaitu Safety Policy, Safety Risk Management, Safety
Assurance dan Safety Promotion. Pada pilar safety promotion, terdapat beberapa media
informasi dan promosi yang digunakan, salah satunya website GMF Safety. Website
GMF Safety ini sejak awal dibuat hingga sekarang belum pernah dilakukan pengujian
yang bertujuan untuk mengevaluasi website tersebut meskipun terdapat beberapa
kendala yang dialami. Oleh karena itu, diperlukan adanya evaluasi dan pengembangan
terkait website tersebut dengan melakukan analisis terkait efektivitas, efisiensi dan
kepuasan pengguna. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi website GMF
Safety terkait permasalahan-permasalahan design interface, konten dan fitur pada
website agar dapat terselesaikan serta memberikan rekomendasi desain baru sebagai
bentuk pengembangan untuk website GMF Safety. metode yang digunakan untuk
perancangan ulang pada penelitian ini yaitu participatory design sedangkan untuk
evaluasi pada penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan performance measurement
dan Questionnaire for User Interaface Satisfaction (QUIS). Hasil dari penelitian ini
memberikan dampak positif dan peningkatan usabilitas yang ditunjukkan dari hasil
efektivitas rata-rata yang dihasilkan sebelumnya sebesar 70% mengalami peningkatan
menjadi 90%, kemudian hasil efisiensi yang dihasilkan sebelumnya sebesar 21,15 detik
mengalami penurunan menjadi 9,4 detik, dan hasil kepuasan yang dihasilkan
sebelumnya terdapat hasil rata-rata kepuasan tiap variabel sebesar 4,4 mengalami
kenaikan menjadi diatas nilai rata-rata kepuasan yaitu sebesar 4,5.
Collections
- Industrial Engineering [2265]