Penerapan Inovasi Pembelajaran Sibernetik dalam Pembelajaran PAI pada Generasi Alpha di SMP Bintang Bontang Kalimantan Timur
Abstract
Perkembangan dalam suatu proses pembelajaran sangatlah penting,
karena dalam suatu proses pembelajaran akan mempengaruhui suatu daya ingat,
penangkapan dan juga ketertarikan peserta didik dalam suatu materi
pembelajaran. Proses pembelajajaran pada generasi z berbeda dengan proses
pembelajaran yang ada pada generasi alpha ini, jika tidak ada perkembangan
pada proses pembelajaran pada generasi selanjutnya maka perkembangan
kognitif peserta didik akan stagnan, oleh karena itu proses dalam perkembangan
pembelajaran itu penting dengan adanya inovasi-inovasi dalam proses
pembelajaran. Pembelajaran sibernetik adalah suatu hal yang baru yang mana
dalam pembelajaran sibernetik ini mengelola asal suatu informasi tersebut dan
juga menggunakan suatu media-media yang ada pada era zaman sekarang ini.
Dalam pembelajaran sibernetik ini lebih condong dalam penggunaan media yang
ada pada era zaman sekarang ini guna untuk mempermudah peserta didik dalam
menangkap atau mememahami suatu materi yang diberikan oleh guru.
Pembelajaran yang menggunakan media seperti LCD harus dapat dikembangkan
agar daya kognitif peserta didik dapat dikembangkan juga. Kemudian pada
penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan suatu inovasi pembelajaran
sibernetik yang dilakukan pada pembelajaran PAI di sekolah SMP Bintang
Bontang Kalimantan Timur. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif dengan menetapkan informan yaitu ada kepala sekolah, waka
kurikulum, dan guru PAI, kemudian melakukan pengamatan pada sekolah,
wawancara, mengumpulkan data atau dokumen dari hasil wawancara dan
pengambilan beberapa jurnal, artikel, dan buku-buku lainnya. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa Pada sekolah ini telah mencondongkan kepada pendidikan
agama islam dan juga telah menggunakan metode pembelajaran sibernetik. Dan
juga pada sekolah ini juga menjelaskan bahwasannya dalam suatu proses
pembelajaran harus adanya inovasi terhadap metode pembelajaran yang mana
mengikuti kondisi yang ada di kelas, materi yang diajarkan, dan kondisi mental
peserta didik