Perancangan UI/UX Aplikasi Gamifikasi Tentang Air Bersih dengan Metode User Centered Design
Abstract
Komunitas Aikite merupakan startup yang bergerak di bidang sosial dan masyarakat
dengan fokus pada edukasi dan pengembangan pengelolaan air, sanitasi dan kebersihan untuk
masyarakat desa. Sesuai dengan visi Aikite untuk menciptakan produk Water, Sanitiation and
Hygiene (WASH) yang bersih, aman dan terjangkau untuk semua masyarakat, Aikite juga
memiliki misi untuk menyediakan produk filter air bersih, aman, murah, dan terjangkau bagi
masyarakat pedesaan dan juga meningkatkan layanan air, sanitasi dan kebersihan di Indonesia.
Namun edukasi dan pengelolaan menjadi kurang efektif karena tidak ada usaha keberlanjutan
bagi masyarakat. Adanya suatu aplikasi diharapkan dapat menjadi solusi untuk dapat
meningkatkan keefektifan dan motivasi masyarakat terutama pemuda dalam penerapan
WASH. Namun, pengembangan aplikasi tanpa adanya data kebutuhan pengguna
mengakibatkan aplikasi menjadi kurang maksimal karena tidak sesuai dengan kebutuhan
pengguna. Oleh karena itu, aplikasi tentu memerlukan suatu rancangan desain UI/UX yang
dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Disertai dengan unsur gamifikasi dalam bentuk fitur-
fitur sehingga menarik dan bermanfaat untuk meningkatkan motivasi pengguna dalam
penerapan kebiasaan terkait WASH.
Penelitian ini menggunakan metode User Centered Design atau UCD yang menempatkan
pengguna baik satu maupun lebih sebagai pusat proses perancangan desain UI/UX aplikasi
gamifikasi yang akan dibangun. Adapun tahapan dari metode yang digunakan adalah
memahami kebutuhan konteks, menentukan kebutuhan pengguna, merancang solusi desain,
dan melakukan evaluasi. Keluaran dari penelitian ini berupa rancangan desain UI/UX aplikasi
gamifikasi dengan hasil evaluasi berupa tingkat kepuasan pengguna sebesar 77,2 dari 100,
persentase pada tingkat efektifitas sebesar dari 96,75% dan memenuhi harapan dalam durasi
pengujian yang membuktikan bahwa desain UI/UX aplikasi gamifikasi telah memenuhi tingkat
efisiensi. Disertai dengan 15 fitur utama dengan 6 fitur diantaranya mengimplementasi elemen
gamifikasi berupa achievement, badges, level, leaderboard, dan point yang disesuaikan
berdasarkan tipe pemain dan kebutuhan pada pohon keputusan.
Collections
- Informatics Engineering [2177]