Pemodelan User Experience Pembelajaran Tata Surya menggunakan Metode Design Thinking untuk Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Dalam pembelajaran yang ditempuh pada jenjang sekolah dasar, terdapat mata pelajaran
wajib yang perlu diberikan kepada anak usia dasar yaitu pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA) dan diketahui salah satu materi dalam pelajaran IPA adalah tata surya. Berdasarkan hasil
observasi pra-penelitian yang dilakukan di SD Negeri 2 Lombang Indramayu, diketahui bahwa
proses pembelajaran IPA di SDN 2 Lombang dilakukan dengan menggunakan buku manual
dan cenderung membuat Siswa mudah jenuh. Adapun metode yang digunakan adalah metode
design thinking yang memiliki 5 tahap yaitu tahap empathize, tahap define, tahap ideate, tahap
prototyping, dan tahap testing. Kemudian dilakukan perancangan aplikasi dengan menentukan
user flow dan skenario aplikasi. Setelah dilakukan perancangan aplikasi dilakukan pengujian
dengan menggunakan metode Cognitive Walkthrough dan Heuristic Evaluation. Sebelum
melakukan pengujian, dilakukan 4 tahapan dengan tahapan pertama untuk melakukan
observasi. Tahap kedua melakukan analisis permasalah, lalu tahap 3 menemukan solusi untuk
memecahkan masalah. Setelah itu ditentukan user flow dan skenario aplikasi. Adapun hasil
yang didapatkan adalah bahwa pengujian metode cognitive walkthrough terjadi iterasi
sebanyak dua kali dengan tahap 1 memiliki nilai efektivitas 85% dan efisiensi 79% dan tahap
2 memiliki nilai efektivitas 87% dan efisiensi 76%. Lalu dilakukan pengujian heuristik oleh
evaluator. Pengujian heuristik oleh evaluator ini dilakukan langsung dengan evaluator yang
memiliki bidang minat juga pengalaman yang serupa dengan tema penelitian yaitu user
experience.
Collections
- Informatics Engineering [2177]