Pengembangan Gim Serius Sebagai Sarana Edukasi Pencegahan Obesitas
Abstract
Gim edukasi ini dirancang dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat apa
yang menjadi penyebab obesitas melalui media sosialisasi dan edukasi dengan cara yang
berbeda. Penelitian ini mencakup pengumpulan data, analisis, desain, pengembangan, quality
assurance, dan implementasi & evaluasi game. Analisis adalah proses yang mencakup analisis
kebutuhan sistem, analisis kebutuhan perangkat lunak, analisis kebutuhan perangkat keras.
Desain gim melibatkan storyboard dan flowchart, dengan cerita tentang Bono yang mencari
makanan sehat untuk temannya yang obesitas. Pengembangan dilakukan menggunakan Unity
dengan antarmuka yang mencakup menu utama, daftar level, daftar stage, permainan, dan hasil
permainan. Pengujian akan melibatkan pengujian black box dan evaluasi implementasi oleh
responden. Pada pengujian black box dapat dilihat seluruh fungsi dapat digunakan dengan baik.
Sedangkan pada hasil uji implementasi menunjukan peningkatan pada pengetahuan anak
tentang bagaimana pencegahan obesitas
Collections
- Informatics Engineering [2177]