Analisis Sentimen Terhadap Opini Warganet Tentang Wisata D.I Yogyakarta pada Platform Instagram menggunakan Naïve Bayes Classifier (Studi Kasus : Data Opini Warganet di Instagram Selama Satu Tahun)
Abstract
Sebagai salah satu provinsi yang memiliki potensi wisata yang cukup tinggi di
Indonesia, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta perlu untuk terus meningkatkan
kualitas pariwisatanya melalui evaluasi yang diberikan oleh masyarakat mengenai
pengalamannya ketika berwisata di provinsi tersebut. Saat ini masyarakat umum
sudah menggunakan media sosial sebagai alat untuk menyampaikan tinjauannya
terhadap suatu produk maupun jasa yang mereka gunakan, termasuk jasa suatu
objek pariwisata. Instagram sendiri saat ini telah menjadi salah satu media sosial
yang populer digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam berbagi konten maupun
tinjauan. Dalam memberikan informasi mengenai opini masyarakat terhadap
pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta maka perlu dilakukan klasifikasi
sehingga dapat dipetakan sebaran komentar positif maupun negatifnya. Penelitian
ini bertujuan untuk melakukan klasifikasi sentimen terhadap ulasan dan opini
netizen Instagram mengenai pariwisata di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Melalui teknik scraping di website Instagram terhadap lima akun informasi
pariwisata di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, 26406 baris data berhasil
diperoleh untuk dianalisis lebih lanjut. Metode yang digunakan untuk
mengklasifikasikan sentimen adalah Naïve Bayes Classifier. Klasifikasi akan
dibagi menjadi dua kelas yakni positif dan negatif. Proses pembentukan model
menggunakan data training yang memiliki proporsi 80-20 dengan data testing.
Hasil klasifikasi menunjukkan bahwa Naïve Bayes Classifier mampu memberikan
akurasi sebesar 93.4% pada data testing. Adapun penelitian ini turut memberikan
gambaran mengenai sebaran istilah-istilah yang masuk dalam kelompok komentar
positif dan negatif menggunakan word cloud.
Collections
- Statistics [913]