Show simple item record

dc.contributor.authorHidayah, Alya Iklima
dc.date.accessioned2024-04-30T03:37:25Z
dc.date.available2024-04-30T03:37:25Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48768
dc.description.abstractEfikasi mengajar penting bagi seorang guru sekolah dasar inklusi. Guru dituntut mampu mempersiapkan pembelajaran, mengajar dan menyelesaikan masalah pembelajaran serta memfasilitasi pembelajaran di kelas inklusi. Adanya tuntutan tersebut menimbulkan tekanan serta beban kerja dan merasa kesulitan dalam mengajar siswa berkebutuhan khusus sehingga mempengaruhi keyakinan guru terhadap kemampuan mengajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efikasi mengajar guru sekolah dasar inklusi melalui pelatihan “Guru Tahu”. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 16 guru sekolah dasar inklusi di Kota Yogyakarta yang memiliki skor skala efikasi mengajar sedang dan rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain pretest and post-test control group design. Analisis data menggunakan Mann Whitney U dan Wilcoxon untuk melihat perbedaan rata-rata skor sebelum diberikan pelatihan (pretest) dengan rata- rata skor setelah diberikan pelatihan (post-test) dan tindak lanjut (follow-up). Hasil analisis uji Mann Whitney U menunjukkan nilai Z skor sebesar -3.363 dan nilai p (1- tailed) = .000 (p < 0,05). Hasil menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan tingkat efikasi mengajar guru di sekolah dasar inklusi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil analisis pelatihan menguatkan hipotesis, menunjukkan bahwa pelatihan “Guru Tahu” berpengaruh dalam meningkatkan efikasi mengajar guru SDN “X” di sekolah inklusi.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEfikasi Dirien_US
dc.subjectPengetahuan Guruen_US
dc.subjectSekolah Inklusien_US
dc.titleEfektivitas Pelatihan “Guru Tahu” Terhadap Efikasi mengajar Pada Guru Sekolah Dasar Inklusi di Yogyakartaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM21915001


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record