Pengaruh Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasaan Pelanggan Konsumen Store @Rizhmel_Balikpapan
Abstract
Rizhmel Balikpapan menggunakan metode pendekatan CRM dalam persaingan bisnis
fashion mereka. Rizhmel sendiri pun juga sadar bahwa pelayanan merupakan sebuah faktor
utama dalam mempengaruhi sebuah kepuasan pelanggan. Tahun 2019 Rizhmel
memenangkan nominasi "toko paling rame & tatanan terapi". Serta keunggulan lainnya
adalah Rizhmel Balikpapan belum pernah dilakukan penelitian tentang CRM dan Kualitas
Pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Tujuan dari kajian ini adalah membuktikan bahwa
adanya pengaruh positif signifikan secara simultan antara CRM dan kualitas pelayanan pada
kepuasan pelanggan. Kajian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode survei
melalui kuesioner. Sampel yang diambil dalam penelitian ini mencakup 100 orang dari 500
konsumen Rizhmel Balikpapan selama bulan Desember tahun 2022. Teknik pengumpulan
sampel menggunakan non probability dengan bentuk purposive sampling. Penelitian ini
mengaplikasikan analisis regresi linear berganda dan uji normalitas. Kesimpulan dalam kajian
ini adalah terdapat pengaruh positif signifikan secara parsial, CRM memiliki pengaruh positif
signifikan terhadap kepuasan pelanggan konsumen Rizhmel Balikpapan dengan nilai postif
0,259, Kualitas pelayanan memiliki pengaruh secara positif signifikan terhadap kepuasan
pelanggan konsumen Rizhmel Balikpapan dengan nilai postif 0,604. Secara simultan CRM dan
Kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan
konsumen Rizhmel Balikpapan dengan nilai constanta -5,122.
Collections
- Communication [964]