Show simple item record

dc.contributor.authorSyuhada, Haykal
dc.date.accessioned2024-04-01T04:07:37Z
dc.date.available2024-04-01T04:07:37Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48638
dc.description.abstractBerdasarkan penilaian PISA tahun 2022 dibandingkan tahun 2018, Indonesia mendapati hasil peningkatan peringkat pada matematika dengan posisi 71 dari 81 negara yang berpartisipasi. Namun, terdapat penurunan pada skor rata-rata matematika yaitu dari 379 menjadi 366. Sebagai salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah, matematika memiliki peran penting bagi kehidupan manusia salah satunya seperti membantu dalam melatih berpikir secara logika. Oleh karena itu, pentingnya untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam matematika sehingga siswa dapat berprestasi dalam belajar. Dengan menerapkan teknologi komputer dan menggabungkan dengan gamifikasi berbasis web sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran matematika dan menerapkan gamifikasi untuk pengenalan konsep dasar matematika. Pada penelitian ini metode yang digunakan dalam pengembangan gamifikasi mengadaptasi dari model ADDIE dengan melalui lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian gamifikasi berbasis web ini telah diujikan kepada 11 responden menggunakan metode SUS didapatkan hasil skor SUS 87,72727 bahwa berdasarkan adjective rating yaitu mendapatkan rating excellent. Hasil dari pengujian fungsionalitas sistem yang menggunakan blackbox testing didapatkan bahwa secara fungional sistem layak untuk digunakan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectADDIEen_US
dc.subjectGamifikasien_US
dc.subjectMatematikaen_US
dc.subjectMinat Belajaren_US
dc.subjectOperasi Dasar Matematikaen_US
dc.titleGamifikasi Pada Pelajaran Konsep Dasar Matematika Untuk meningkatkan Minat Belajar Siswaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19523237


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record