dc.description.abstract | Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin pesat membuat banyak
inovasi-inovasi yang tidak pernah ada pada era sebelumnya mulai bermunculan. Di era ini,
persaingan dalam dunia kerja akan semakin kompetitif karena para pekerja harus dapat
bersaing bukan hanya dengan pekerja yang berasal dari negaranya sendiri tetapi juga bersaing
dengan pekerja yang berasal dari negara tetangga atau negara-negara lain. Pada tahapan ini
terlihat bahwa pada saat ini diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas yaitu sumber
daya manusia yang terampil dalam berbahasa inggris. Penelitian ini bertujuan untuk melihat
apakah terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dan hasil
belajar bahasa inggris pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan
jenis korelasional. Responden penelitian ini berjumlah 86 siswa yang terdiri dari 49 pria dan
37 wanita. Data dianalisis menggunakan analisis non-parametrik Spearman Rho melalui IBM
SPSS 27 for mac. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara kecerdasan
emosional dan hasil belajar bahasa inggris (p = 0.006, R = 0.107). Kesimpulan dari penelitian
yaitu terjadi hubungan yang signifikan antara kedua variabel dan kecerdasan emosional
memberikan kontribusi sebesar 10.7%, sisanya 89.3% dipengaruhi oleh berbagai faktor lain. | en_US |