Show simple item record

dc.contributor.authorFahmi, R. Kamadatu S.
dc.date.accessioned2024-03-21T04:58:06Z
dc.date.available2024-03-21T04:58:06Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48520
dc.description.abstractKendaraan bertenaga listrik adalah kendaraan yang memanfaatkan motor DC sebagai penggeraknya dan menggunakan energi listrik sebagai sumbernya yang disuplai melalui baterai. Kendaraan listrik memiliki tingkat efisiensi yang paling tinggi dibandingkan dengan kendaraan mesin bakar konvensional. Pada mesin bakar sebagian besar dari energi yang dihasilkan terbuang menjadi energi panas, gerak dan gesekan komponen dan hanya sebagian kecil yang dapat dikonversikan menjadi energi kinetik penggerak kendaraan. Sepeda Motor Bertenaga Listrik memiliki konstruksi mesin yang sangat sederhana yang terdiri dari baterai, kontroler dan motor penggerak. Motor yang dibutuhkan yaitu motor yang memiliki efisiensi tinggi, torsi yang tinggi, kecepatan yang tinggi dan dapat divariasikan, serta ditunjang oleh biaya perawatan yang rendah. Tujuan dari tugas akhir ini adalah menganalisis dan mengkonversi sepeda motor berbahan bakar bensin motor Honda C70 menjadi bertenaga listrik ramah lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan dari beberapa faktor yang ada pada sistem penggerak tersebut dan memenuhi standarisasi yang telah ditentukan di pasaran Indonesia. Hasil penelitian menunjukan perbedaan nilai top speed yang dipengaruhi berat badan responden. Pada kedua kondisi, top speed terus mengalami peningkatan seiring berkurangnya berat badan responden, terlihat top speed terbesar terjadi pada saat responden dengan berat badan hanya 47 kg dapat memperoleh kecepatan 52 km/jam. Hal ini menunjukan adanya pengaruh kondisi berat badan responden terhadap top speed motor listrik, dimana pada berat badan responden yang besar dibutuhkan daya lebih besar. Untuk mendapatkan daya yang lebih besar dibutuhkan nilai berat badan yang lebih rendah, sehingga hasil top speed akan lebih besar. Semakin besar berat badan, top speed yang dihasilkan juga akan semakin kecil.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectHonda C70en_US
dc.subjectMotor Listriken_US
dc.subjectPengendara Motoren_US
dc.titleEvaluasi Performa Konversi Motor Listrik Honda C70 Berjenis Mid Drive Terhadap Variasi Beban Pengendara Untuk Peningkatan Kinerja Motor Listriken_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19525018


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record