Pengembangan Strategi Bisnis Pada Umkm Sanjai Anna menggunakan Pendekatan Blue Ocean Strategy
Abstract
Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu destinasi yang memiliki beragam unggulan
dalam bidang pariwisata, yang umumnya berupa wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner,
hingga wisata agro. Sektor pariwisata berkaitan erat dengan UMKM, dengan pengembangan
pariwisata maka pelaku UMKM akan memenuhi destinasi wisata pada suatu daerah dengan
beranekaragam produk yang ditawarkan. UMKM Sanjai Anna merupakan salah satu usaha
penyedia oleh-oleh khas Sumatera Barat. Keberadaan UMKM makanan khas Sumatera Barat
ini cukup banyak, bahkan berada di dalam satu kawasan yang sama dan berdekatan. Selain itu,
persaingan hanya bergantung pada rasa, harga dan kualitas sehingga strategi yang dijalankan
tidak maksimal. Oleh karena itu, melihat persaingan yang cukup tinggi pada bisnis makanan
oleh-oleh khas Sumatera Barat, UMKM Sanjai Anna perlu melakukan pengembangan strategi
bisnis yang tepat sebagai upaya meningkatkan penjualan dan mengatasi persaingan yang terjadi
di antara UMKM tersebut, sehingga dengan strategi yang tepat UMKM Sanjai Anna dapat
bertahan dan memenangkan pasar. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan yaitu Blue
Ocean Strategy (BOS). Blue Ocean Strategy merupakan suatu pendekatan strategi untuk
menguasai ruang pasar yang tidak ramai diperebutkan sehingga persaingan menjadi tidak
relevan. Selain itu, Analisis SWOT juga digunakan dalam mengidentifikasi faktor internal dan
eksternal secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Business Model Canvas
juga digunakan untuk menggambarkan model bisnis. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu
mengetahui perumusan rancangan strategi yang baik melalui analisis SWOT dan BOS pada
UMKM Sanjai Anna dalam pengembangan bisnisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Sanjai Anna berada pada kuadran III pada diagram SWOT yang berarti perusahaan diharuskan
melakukan perubahan strategi, perubahan strategi yang dilakukan dengan analisis BOS
menghasilkan kerangka kerja empat langkah dengan variabel yang ditingkatkan yaitu variasi
produk, tampilan produk, promosi produk, pelayanan dan fasilitas usaha, serta variabel yang
diciptakan adalah wisata edukasi, pembuatan website, konten edukasi dan membership.
Collections
- Industrial Engineering [2243]