Pengembangan Coica (Comic Chemica) Sebagai Sarana Literasi Kimia Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar berbentuk komik
yang membahas beberapa materi kimia dalam kehidupan sehari-hari untuk kelas
X dan XI serta mengetahui kelayakan sumber belajar komik. Materi yang dibahas
dalam komik ini adalah perkembangan atom, perkembangan nanoteknologi,
kesetimbangan kimia, serta reaksi endoterm dan reaksi eksoterm. Pengembangan
komik ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan melalui tiga
tahapan yaitu tahap pengumpulan informasi, perencanaan, dan pengembangan
produk awal. Instrumen yang digunakan adalah instrumen analisis kebutuhan dan
instrumen penilaian kelayakan produk. Data yang diperoleh yaitu data analisis
kebutuhan dan data penilaian kelayakan produk. Hasil penilaian kelayakan produk
“COICA (Comic Chemica)” oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan
kategori penilaian sangat baik dengan skor rata-rata 46 sehingga produk “COICA
(Comic Chemica)” dapat dikatakan layak digunakan sebagai sumber belajar.
Collections
- Chemistry Education [328]