dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan
belajar kimia dan motivasi belajar kimia peserta didik di MAN 4 Sleman. Populasi
pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik dari MAN 4 Sleman tahun akademik
2023/2024. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas XA, XD, dan XF yang
berjumlah 81 peserta didik dan diambil dengan teknik purposive sampling.
Pengambilan data penelitian menggunakan teknik non tes dengan instrumen berupa
angket kebiasaan belajar kimia dan motivasi belajar kimia. Sebelum digunakan
dalam pengambilan data, instrumen validasi isi dan divalidasi butir. Data yang
didapatkan ditentukan kategorinya serta dianalisis dengan uji statistika non
parametik yaitu uji spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai
signifikansi sebesar 0,000 dengan koefesien korelasi sebesar 0,678. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara
kebiasaan belajar kimia dan motivasi belajar kimia peserta didik MAN 4 Sleman
dengan tingkat hubungan kuat. | en_US |