dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakans media pembelajaran berbasis game "Bouncing Ball" untuk rnateri kim:ia asam basa. Penelitian ini rnerupakan jenis penelitian pengembangan (research & development) dengan mengadaptasi model pengembangan 4-D Thiagarajan, Tahapan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu tahap define, design, dan develop. Pada tahap define dilakukan analisis kebutuhan untuk guru dan peserta didik dan analisis konsep. Pada tahap design dilakukan sub-tahap media selection (pemilihan media), format selection (pemilihan format), dan initial design (rancangan awal). Pada tahap develop dilakukan pengembangan produk sesuai dengan rancangan, penilaian kelayakan produk, dan revisi berdasarkan basil penilaian oleh ahli media dan ahli materi. Tahap disseminate tidak dilakukan pada penelitian ini karena produk yang dikembangkan tidak diujicobakan secara langsung dalam pembelajaran dan tidak dilakukan penyebaran. Dalam penelitian ini diperoleh data analisis kebutuhan dari 2 guru kimia MAN 4 Steman. l guru kirnia SMA Negeri 1 Pakem, 32 peserta didik kelas XI MIP A MAN 4 Sieman, dan 33 peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pakem. Produk yang dikembangkan dilakukan penilaian kelayakan oleb ahli media dan ahli materi menggunakan instrumen penilaian kelayakan produk. Berdasarkan hasil penilaian, dapat disimpulkan bahwa media pernbelajaran berbasis game "Bouncing Ball" layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan skor total seluruh aspek 46,5 dari skor total maksimum 48, berkategori Sangat Baik (SB). | en_US |