Pemberitaan Isu Pemindahan Ibukota Baru pada Media Online (Analisis Framing Model Gamson dan Modigliani Terhadap Tribunjogja.com Dan Suara.com)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis framing berita yang dilakukan oleh
media online Tribunjogja.com dan Suara.com terkait dengan pemberitaan pemindahan ibu
kota baru Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan
menggunakan model framing yang dikemukakan oleh William A. Gamson dan Andre
Modigliani. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan mengumpulkan
data secara triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tribunjogja.com lebih banyak
memberitakan informasi yang bersumber dari justifikasi pemerintah terhadap pemindahan
ibu kota, dengan upaya mempengaruhi persepsi publik melalui framing yang menekankan
partisipasi masyarakat, keberlanjutan lingkungan, kesederhanaan pemimpin, dan visi
transformasi nasional. Di sisi lain, Suara.com lebih banyak menampilkan berita kritik dari
masyarakat dan tokoh publik terhadap keputusan pemerintah, termasuk perdebatan terkait
pemilihan nama ibu kota baru dan penunjukan kepala otorita. Framing-framing ini
mencerminkan perbedaan pandangan dan memberikan penekanan pada aspek-aspek tertentu
terkait pemindahan ibu kota baru. Penelitian ini memberikan pemahaman bahwa media tidak
selalu netral dalam menyampaikan berita, dan analisis framing dapat digunakan untuk
memahami cara media membingkai suatu isu.
Collections
- Communication [972]