dc.description.abstract | Saat ini Daerah Istimewa Yogyakarta mulai mengalami kenaikan pesat
pertumbuhan perusahaan ritel. Berbagai perusahaan ritel ternama berkembang
dengan cepat serta bersaing dengan mengarahkan orientasi pasar yang terlah
mereka tentukan serta memberikan berbagai inovasi yang beragam. Dengan
berbagai nama dari Alfamart, Indomaret, Hero, Transmart, dan Hypermart nama
tersebut terkenal dikalangan masyarakat dengan ciri khas mereka dalam
memberikan kepuasan tersendiri untuk pelanggan. Semakin tinggi tingkat
persaingan memperebutkan pasar yang ada menyebabkan perusahaan harus
menetapkan strategi yang tepat dalam pemasaran produk usahanya. Perusahaan
juga menentukan orientasi pasar yang dituju serta inovasi pelayanan yang baik
untuk mendapatkan nilai kepuasan konsumen. Untuk itu dalam upaya
meningkatkan keunggulan kompetitif mereka, perusahaan semakin menganggap
nilai yang dirasakan pelanggan sebagai faktor penting dalam memajukan tingkat
kinerja layanan. Untuk itu makalah ini akan membuktikan apakah variabal seperti
kualitas hubungan, partisipasi pelanggan, perlindungan pelanggan, nilai
keuntungan konsumen, inovasi pelayanan, dan orientasi pasar. | en_US |