Show simple item record

dc.contributor.advisorMuamar Nur Kholid, S.E., M.Ak., Akt.
dc.contributor.authorAulia, Raihanah Yumna
dc.date.accessioned2023-03-21T08:20:41Z
dc.date.available2023-03-21T08:20:41Z
dc.date.issued2023-03-21
dc.identifier.urihttp://dspace.uii.ac.id/123456789/42857
dc.description.abstractSaat ini, masyarakat sering memanfaatkan teknologi dalam setiap aktivitasnya sehingga banyak aktivitas yang sekarang dapat dilakukan hanya dengan menggunakan smatphone, salah satu contohnya yaitu berdonasi. Bahkan, saat ini terdapat banyak platform yang menyediakan layanan donasi secara online. Maka dari itu, penelitian ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi niat untuk berdonasi dengan menggunakan mobile apps. Dalam praktiknya, penelitian ini dilakukan dengan mengadopsi teori Technological Acceptance Model (TAM) dan Diffusion of Innovation (DOI). TAM merupakan sebuah teori yang digunakan untuk mengetahui dan memprediksi perilaku individu terhadap penerimaan suatu teknologi. Lain halnya dengan teori DOI yang dapat digunakan untuk mengetahui bagaimana sebuah teori dapat berkembang dalam lingkup individu maupun sosial. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dan convenience sampling, dengan kriteria merupakan seorang Muslim di Indonesia yang beurmur 17 hingga 60 tahun dan sudah pernah melakukan donasi online menggunakan mobile apps dengan menggunakan metode kuantitatif dengan memanfaatkan SmartPLS 3.0. Berdasarkan kriteria tersebut didapatkan 202 responden. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa relative advantage dan compatibility masing-masing tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perceived usefulness tetapi berpengaruh signifikan terhadap perceived ease of use. Selain itu, complexity berpengaruh signifikan terhadap perceived usefulness dan perceived ease of use. Lain halnya dengan observability yang tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perceived usefulness maupun perceived ease of use. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa perceived ease of use berpengaruh signifikan terhadap perceived usefulness dan perceived usefulness serta perceived ease of use berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectDonasien_US
dc.subjectmobile appsen_US
dc.subjectrelative advantageen_US
dc.subjectcompatibilityen_US
dc.subjectcomplexityen_US
dc.subjectobservabilityen_US
dc.subjecttrialabilityen_US
dc.subjectperceived usefulnessen_US
dc.subjectperceived ease of useen_US
dc.subjectbehavioral intentionen_US
dc.titleFAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT UNTUK BERDONASI MENGGUNAKAN MOBILE APPSen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19312150


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record