Halaman Judul Persepsi Audiens pada Tayangan Talk Show Rumpi "No Secret" di TransTv
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana persepsi Ibu Rumah Tangga
Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Focus Group
Discussion(FGD). Peserta penelitian ini adalah Ibu Rumah Tangga dengan berbagai
latar belakang. Ditengah maraknya program Televisi seperti sinetron, muncul program
Talkshow yang membuat pemirsa seakan ikut berbicara dan menyimak dengan seksama.
Talkshow juga menghadirkan tamu berkelompok yang ingin mempelajari berbagai
pengalaman hebat, seperti Talkshow rumpi
Teori yang digunakan adalah teori S-O-R dan Teori Persepsi dimana teori ini
merupakan teori yang berkaitan dengan penelitian ini. Dimana persepsi akan timbul
karena adanya stimulus sehingga teori S-O-R ini merupakan teori yang berkaitan
dengan persepsi S yang berarti stimulus Oberarti Organism sedangkan R merupakan
Respon/efek. Persepsi mempengaruhi rangsangan (stimulus) atau pesan apa yang kita
serap dan apa makna yang kita berikan kepada mereka ketika mereka mencapai
kesadaran. Persepsi merupakan proses dimana sensasi yang diterima oleh seseorang dan
dipilih, kemudian diatur dan di interpretasikapersepsi merupakan proses mental yang
digunakan untuk mengenali rangsangan.
Berdasarkan penelitian, Tayangan Rumpi merupakan Tayangan yang
kurang baik. Peserta FGD mengemukakan beragam persepsinya ketika ditanyakan
mengenai apa yang mereka fikirkan ketika disebutkan kata Rumpi .Ada
yang mengatakan bahwa Rumpi merupakan Tayangan yang mengulik
kehidupan artis secara detail dan ada juga yang mengatakan bahwa Rumpi merupakan
Tayangan yang berlebihan dalam mengulik kehidupan artis serta ada juga yang
mengemukakan Tayangan ini berbeda dari Gosip Lainnya. Dan juga dalam persepsi
terdapat hubungan antara persepsi dengan usia, persepsi dengan pendidikan, serta
persepsi dengan pengalaman menonton.
Collections
- Communication [975]