Penerapan Metode Pembelajaran Drill Pada Materi Reaksi Redoks Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 1 Mlati
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar
aspek pengetahuan dengan penerapan metode Drill pada siswa kelas X SMA Negeri
1 Mlati. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini
menggunakan desain Quasi-Experimental Posttest Only with Nonequivalent Group
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1
Mlati yang berjumlah 106 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
purposive sampling dengan kelas X MIPA 1 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas
kontrol dan kelas X MIPA II yang berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yaitu tes tertulis untuk aspek
pengetahuan. Pengujian Hipotesis dilakukan melalui uji statistik non parametrik
Mann-Whitney terhadap variabel prestasi belajar aspek pengetahuan. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
penerapan metode drill pada materi reaksi redoks terhadap prestasi belajar peserta
didik kelas X SMA Negeri 1 Mlati dengan nilai signifikansi sebesar 0,041.
Collections
- Chemistry Education [330]