dc.description.abstract | Pada saat era globalisasi banyak perusahaan industri yang tidak bisa
bertahan dan bagaimana industri tersebut untuk bisa berkembang pada karena
ketatnya persaingan. Hal ini ditandai dengan banyaknya pesaing yang menawarkan
berbagai macam produk dan berbagai macam kualitas. Di saat globalisasi seperti
ini tidak sedikit perusahaan yang berkembang dan gulung tikar karena globalisasi
memberikan kemudahan perusahaan untuk bisa masuk ke pasar. Kemudahan ini
juga secara bersamaan dapat memberikan ancaman bagi pelaku bisnis yang ada.
perusahaan harus memiliki strategi untuk bisa bertahan atau meningkatkan
penjualan salah satunya memiliki strategi pemasaran dengan penerapan komunikasi
pemasaran untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan rasa percaya
konsumen terhadap perusahaan. Salah satu tujuan perusahaan yaitu mendapatkan
keuntungan agar sebuah perusahaan dapat berkembang dan mempertahankan
eksistensi. tulisan ini di analisis dengan analisis kajian studi keperpustakaan dan
kualitatif terkait dengan masalah ketatnya persaingan di era globalisasi. Untuk bisa
bertahan di ketatnya persaingan bisnis sekarang dibutuhkan jalinan komunikasi
yang baik dengan konsumen ataupun khalayak. Komunikasi yang baik akan
menimbulkan rasa percaya satu sama lain dan menjadi kan sebuah kerja sama yang
berkelanjutan. PT Industri Kereta Api (INKA) perusahaan yang menjaga
menerapkan komunikasi pemasaran baik dengan konsumen lama ataupun baru
sehingga membuat para konsumen merasa dihargai dan memberikan nilai yang
baik. Penerapan yang baik akan mempercepat terwujudnya tujuan perusahaan untuk
memasarkan produk dan mendapatkan untung bagi perseroanBerdasarkan hasil
analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan pada bab sebelumnya, dapat
disimpulkan bahwa pemasaran pada PT. Industri Kereta Api (INKA) Madiun telah
melakukan penerapan dan menjalankan komunikasi pemasaran sebagai berikut
yaitu periklan dengan menggunakan media cetak dan elektronik, hubungan
masyarakat dengan menggunakan website untuk lowongan magang dan kerja,
penjualan langsung dengan mengunjungi konsumen dan mempresentasikan produk
yang ditawarkan, pemasaran langsung menggunakan media telepon dan e.mail,
pemasaran interaktif dengan melibatkan konsumen, dan acara pengalaman dengan
mengadakan seminar dan medukung acara. | en_US |