Dashboard Data Jemaah Untuk Meningkatkan Kualitas Informasi Dan Pelayanan Masjid Di Masyarakat
Abstract
Salah satu fungsi masjid adalah untuk memberikan pelayanan bagi jemaah dan masyarakat
sekitar. Dalam proses pelaksanaan dan pengelolaan layanan ini, takmir masjid memerlukan
informasi pemantauan dan riset terhadap jemaah dan masyarakat sekitar. Masjid Hidayatul
Falah telah melakukan pendataan jemaah masjid dalam SIMMAS yang menghasilkan data
jemaah kompleks dari sekitar 500 warga. Data tersebut terorganisir dalam database, kemudian
disajikan dalam bentuk tabel yang detail. Namun, jika seluruh data ditampilkan dalam bentuk
ini maka akan sulit untuk dibaca dan diperoleh informasi yang bermanfaat. Data jemaah ini
perlu dikelola untuk menghasilkan informasi penting dari jemaah yang lebih mudah dibaca
oleh takmir masjid. Diperlukan alat berupa dashboard yang dapat mengelola dan menyajikan
informasi data jemaah masjid tersebut. Pada penelitian ini, dashboard data jamaah dapat
menyajikan informasi jemaah dalam bentuk visualisasi data grafik yang lebih menarik dan
mudah dipahami. Informasi-informasi jemaah tersebut ditampilkan sekilas dengan ringkas
dalam satu layar. Dalam pengembangan dashboard dilakukan dengan menggunakan metode
pureshare untuk menganalisis kebutuhan pengguna. Hasil dari penelitian ini adalah dashboard
visualisasi data jemaah yang dikonsolidasi dalam satu layar. Informasi yang ditampilkan
meliputi jumlah warga, jumlah data kartu keluarga, jumlah rumah, perbandingan usia, level
ekonomi, data pendidikan, data pekerjaan, ibadah, kemampuan baca, dan keahlian warga.
Dengan adanya dashboard data jemaah ini, diharapkan dapat membantu pihak takmir masjid
dalam meningkatkan pelayanan masjid di masyarakat.
=
Collections
- Informatics Engineering [2177]