Hubungan Antara Kemandirian Dalam Belajar Kimia Dengan Prestasi Belajar Siswa Materi Koloid Kelas Xi Ma Muhammadiyah 1 Ponorogo Pada Pembelajaran Daring
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kriteria kemandirian dalam belajar kimia
2) kriteria Prestasi Belajar 3) hubungan antara kemandirian dalam belajar Kimia
dengan prestasi belajar siswa materi koloid. kelas XI MA Muhammadiyah 1 Ponorogo
pada pembelajaran daring. Populasi penelitian ini adalah siswa MA Muhammadiyah 1
Ponorogo kelas XI MIPA yang berjumlah satu kelas. Teknik pengambilan data pada
penelitian ini adalah non tes dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan
adalah penentuan kriteria dan uji korelasi. Penelitian ini menggunakan uji prasyarat
analisis yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji
korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kriteria kemandirian
dalam belajar Kimia tinggi 2) kriteria prestasi belajar siswa sedang 3) terdapat
hubungan antara kemandirian dalam belajar kimia dengan prestasi belajar pada materi
koloid siswa kelas XI dengan nilai korelasi yaitu 0,590 dengan tingkat hubungan
sedang.
Collections
- Chemistry Education [330]