Pengembangan E-comic Seri Atom Sebagai Media pembelajaran kimia Kimia Pada Materi Sejarah dan Perkembangan Teori Atom
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-comic Seri Atom dan mengetahui
kelayakan E-comic Seri Atom. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model
pengembangan dari Borg and Gall dalam Sugiyono (2019). Tahapan dalam
penelitian ini yaitu : 1) Penelitian dan Informasi, 2) Perencanaan, 3)
Mengembangkan Produk Awal, 4) Pengujian Lapangan Awal dan 5) Revisi Produk
Utama. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data hasil analisis
kebutuhan dan data hasil penilaian kelayakan produk yang dikembangkan. Data
hasil analisis kebutuhan berasal dari responden, yaitu 9 guru kimia kelas X dan 314
peserta didik dari sekolah yaitu SMAN 1 Pakem, SMAN 2 Ngaglik, MAN 2
Sleman, MAN 3 Sleman, MAN 4 Sleman, MAN 5 Sleman, SMAN 2 Sleman, SMA
Kolombo, SMA Muhammadiyah Pakem. Kelayakan produk dinilai oleh ahli materi
dan ahli media yaitu 2 dosen, 1 guru kimia kelas X dan 15 peserta didik dari SMAN
2 Ngaglik. Hasil penilaian E-comic Seri Atom oleh ahli materi dan ahli media, guru
dan peserta didik yaitu sangat baik sehingga dapat dikatakan layak digunakan
sebagai media pembelajaran.
Collections
- Chemistry Education [330]