Pengembangan Media Pembelajaran Komik (Chemics) untuk Peserta Didik SMA/MA untuk Kelas XI Semester 2
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk
komik yang membahas praktikum untuk kelas XI semester 2 dan mengetahui
kelayakan media pembelajaran komik dimana materi yang diberikan adalah asam
basa, larutan penyangga, dan koloid. Dalam media komik ini menggunakan model
Borg and Gall dengan melalui 5 tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan
data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Instrumen yang digunakan
adalah instrumen analisis kebutuhan dan instrumen penilaian kelayakan produk.
Data yang akan diperoleh yaitu data analisis kebutuhan dan instrument penilaian
kelayakan produk. Penilaian kelayakan produk dilakukan oleh 2 (dua) orang ahli
materi dan ahli media. Hasil penilaian kelayakan komik “Chemics” mendapatkan
kategori sangat baik dengan skor rata-rata 28,5 sehingga dapat dikatakan layak
digunakan sebagai pembelajaran.
Collections
- Chemistry Education [330]